Selasa, 21 Desember 2010

tiko biki: kata anakku (pindahan)

(Tulisan ini kubuat pada kamis, 02 Oktober 2008, di blog yang sudah kuhapus)
Ini tentang anakku. Dia sangat suka sama film-film anak-anak. semula memang dari “keisenganku”. Sampai umurnya mendekati satu tahun, dia sering bangun malam. maklum tidurnya sore-sore. Kadang-kadang malah siang! Padahal aku harus sering kejar tayang gak tidur sampai menjelang pagi. Seperti berselisih jalan, sekitar jam 2 – 3, saat aku harusnya mulai tidur dia malah bangun. tuh bingung kan?
pas aku nguantuk berat, di kutempatkan di depan komputer, trus aku putarkan film kartun yang agak lambat tapi gambarnya bagus. pilihanku pada film barbie yang “swan lake”. tak disangka dia malah suka, bukan pada barbienya tapi pada kudanya (sebenernya sih unicorn) yang lucu. dia selalu minta “film kuda” setiap kali bangun malam.
lama-lama aku bosen juga kan harus nemenin dia nonton film yang sama setiap malam. akhirnya mulai petualanganku cari film anak-anak, berbagai macam jenis. cuma aku selalu menghindari tom&jerry, juga film robot dan kartun-kartun jepang karena anakku cenderung hiperaktif.
sekarang usianya hampir tiga tahun, entah ada berapa puluh CD dan DVD film anak-anak di rak kaset.
yang aku herankan, dia hafal seluruh isi kasetnya, bahkan kalau aku atau siapapun yang memutarkan kaset untuk dia, dia sudah tahu film apa yang akan muncul sejak satu nada di musik pembukanya.
Nah, yang lucu kadang kadang, para orang gede di rumah harus menebak film apa yang dia mau. kadang-kadang dia ingin film dengan adegan tertentu. misalnya tupai yang ditinggal mamanya..nah lho film apa itu? atau yang awannya hijau dan mandeg-mandeg. itu masih untung kalau dia pas ngomong jelas, kadang-kadang karena ngomongnya tidak jelas, sampai beberapa saat harus gugup karena dia mulai nangis. bayangkan siapa kira binaurus maksudnya adalah dinosaurus (land before time), ngwiwin adalah pinguin (happy feet) dan titti adalah tinky-winky (teletubbies)
Ya terpaksanya orang gede harus membuat kamus bahasa dia. Kadang-kadang, kita-kita harus memperlihatkan padanya disk filmnya satu-satu. Tapi, itu setahun yang lalu
Alhamdulillah sekarang dia sudah ngomong lancar sekarang, jadi komunikasi lumayan tak terhambat. dia sudah bisa ngomong dinosaurus dan pinguin
Tapi tinky-winky? kenapa dia menamainya jadi tiko biki ya?
(tambahan hari ini: dia sudah dapat mengucap tinky winky dengan fasih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar