Minggu, 19 Desember 2010

memadukan blog -twitter- facebook menggunakan google feed burner

bosan dengan tugas-tugas yang menunggu untuk dikerjakan, belum sempat kukerjakan karena si semangat hilang entah kemana atau mungkin mas bosan lagi senang bertamu di benakku, aku iseng utak-atik blog (lagi)- ya ini memang stuff yang mengasyikkan, paling tidak aku bisa tetep konek dengan laptopku. ada beberapa blog yang aku utak-atik termasuk juga model homepage di yolasite yang dah lama juga tidak kusentuh.
aku pernah bikin blog di blogger tapi sudah lama sekali aku hapus karena tampilannya membosankan. lebih bagusan di wordpress, tapi beberapa hari lalu kulihat lagi blogspot tanpa sengaja karena mau menuliskan 'something' tentang nge-blogging, ternyata ada fitur yang asyik terutama bagian background dan main-main dengan headernya. jadilah aku mengutak-atik blogspotku lagi.
Awalnya setelah selesai membuat blog aku mau memadukkannya dengan facebook dan twitterku, aku sudah pernah melakukannya untuk blogku di edublog dengan menggunakan twitterfeed. Tapi, Ya, Allah... dimana juga kusimpan file tentang langkah-langkah nge-twitterfeed... Akhirnya kucari lagi dengan tidak sabar, dengan bantuan si-mbah yang jago mencari, mbah google.
Ketemu...srat-sret... jadilah blogku terpadu dengan twitterku yang juga terhubung dengan facebook.
dan sesuatu yang tidak kusangka kutemukan. simbah google ternyata punya banyak anak yang berhubungan dengan memadu-padukan blog-facebook dan terutama twitter.
dia memperkenalkan diri sebagai google feedburner dan pemendek alamat...
Yup!
akhirnya, kutemukan kawan baru menghabiskan pulsaku...

google feedburner
jika mau dibandingkan dengan tweetterfeed memang agak susah, aku pikir keduanya sama-sama mudah. enakknya di tweetterfeed adalah blog kita tidak harus dari anak-anaknya mbah google.
aku mencoba google feedbruner dengan mulai dari membuka home google feedburner di sini: google feedburner

Sedikit lucu, ternyata aku sudah pernah mencoba layanan ini di awal tahun.. jejaknya masih tertinggal di sana meskipun blog-ku sudah kuhapus.
kuisikan alamat blogku di kotak berikut:

terus mengklik next dan...tuing..muncullah ini


aku pilih di bagian publicize



dan socialize


ada pilihan untuk menambah alamat twitter, kutambahkan itu di sana dan...jadilah
blogku sudah terhubung dengan twitter

terus? bagaimana mengunggahnya agar jadi update-an di facebook?
gampang! aku masih ingat ada fasilitas twitter di facebook, gunakan itu saja. jika blog-ku terunggah di twitterku maka otomatis dia akan terunggah juga sebagai update di facebookku...
Sip pokoke!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar